Series Details
Build Web Hosting Services: Install WHM/cPanel on CentOS 7 (Part 1)
Build Web Hosting Services: Basic Configuration WHM/cPanel (Part 2)
Build Web Hosting Services: EasyApache4 Configuration WHM/cPanel (Part 3)
Build Web Hosting Services: Configserver Installation WHM/cPanel (Part 4)
Build Web Hosting Services: Configuring Email Deliverability & SSL on WHM/cPanel (Part 5)
Build Web Hosting Services: CloudLinux OS for Hoster WHM/cPanel (Part 6)
Build Web Hosting Services: Configuring Package & Disk Quota WHM/cPanel (Part 7)
Build Web Hosting Services: WHMCS Installation (Part 8)
Build Web Hosting Services: Configuring Support Department and Administrators (Part 9)
Build Web Hosting Services: Configuring Payment Gateway & Domain Registrar (Part 10)
Build Web Hosting Services: Adding Server & Create Package WHMCS (Part 11)
Build Web Hosting Services: (PoC) Act as Customer for Order Product Hosting WHMCS (Part 12)

Pada tutorial berikut ini saya akan memberikan cara bagaimana mengkonfigurasikan Payment Gateway dan Domain Registrar di WHMCS. Sebelum saya melanjutkan tutorial ada baiknya untuk mengetahui secara singkat apa itu Payment Gateway dan Domain Registrar.

Payment Gateway

Secara garis besar, payment gateway adalah bentuk sistem transaksi yang memiliki tugas untuk mengotorisasi suatu proses transaksi melalui e-commerce. Saat bertransaksi online, kita tentu mengharapkan adanya proses pembayaran yang lebih mudah dan aman. Untuk payment gateway kali ini saya merekomendasikan:

Domain Registrar

Secara umum, Registrar domain adalah sebuah organisasi atau badan komersial yang bertugas menjadi tempat pendaftaran nama domain yang sudah diakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) atau pengelola domain ccTLD yang melibatkan kode negara tertentu.

Tugas utama dari Registrar adalah menawarkan layanan jual-beli nama domain kepada publik. Jadi, pengguna atau user yang ingin membeli domain tidak harus mengajukan langsung ke Registry. Untuk domain registrar sendiri memang sangat banyak sekali penyedianya, namun beberapa rekomendasi saya sebagai berikut:

Setup Payment Gateway

Langkah ini sangat krusial dan zero fault, artinya tidak boleh ada kesalahan sama sekali. Karena ini akan berurusan dengan penyedia layanan yang berkaitangan dengan keuangan.

Sebenarnya ada banyak sekali penyedia layanan payment gateway, namun saya merekomendasikan tiga pilihan diatas yang paling sering digunakan oleh para hoster di Indonesia tak lain adalah kemudahan layanannya yang sudah terintegrasi dengan WHMCS dan lokasi bisnisnya yang terletak di Indonesia dan sudah terjamin tentunya. Kali ini saya menggunakan payment gateway dari tripay.co.id jika prefer selain tripay tidak masalah juga, yang jelas dan perlu disiapkan untuk verifikasi identitas adalah:

  • KTP
  • KK
  • NPWP
  • FOTO
  • Bank
  • No HP

Hampir semua penyedia layanan payment gateway membutuhkan informasi diatas, jadi pastikan sudah memiliki agar proses verifikasi dan dan merchant segera di aktivasi.

Jika sudah mendapatkan akses untuk membuat merchant tripay, maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi plugin dan upload ke direktori dimana WHMCS. Silahkan download dan ikuti dokumentasi resmi mengenai instalasi plugin payment gateway tripay:

Jika sudah ter upload pada direktori, maka seharusnya terdapat file tripay di public_html/whmcs/gateway

Langkah berikutnya akses ke menu WHMCS di Configuration > System Settings > Payment Gateway > All Payment Gateways

Saya akan melakukan ujicoba pada metode pembayaran TriPay – DANA untuk mode ini saya akan menggunakan mode sandbox, simpelnya sandbox adalah mode dimana saya bisa melakukan trial and error sebelum digunakan pada produksi. Untuk mode production sudah jelas bahwa artinya mode produksi siap digunakan untuk transaksi secara nyata.

Setup Domain Registrar

Untuk menjadi Registrar diperlukan modal dan tenaga yang tidak sedikit dan tentu saja saya tidak membahas bagaimana cara menjadi Registry Domain pada seri tutorial ini. Namun yang saya tekankan disini juga saya tidak menjadi direct reseller dari sebuah registrar karena hal tersebut memerlukan komitmen yang tidak sedikit bagi saya. Oleh karena itu saya biasa menggunakan sub reseller registrar seperti Rumahweb dan IDCloudHost karena mereka menyediakan fitur deposit yang tidak begitu banyak dan cocok untuk hoster pemula.

Persyaratannya kurang lebih hampir sama dengan Payment Gateway:

  • KTP
  • KK
  • NPWP
  • FOTO
  • Bank
  • No HP

Perlu diingat, walaupun menjadi sub reseller domain tentu saja ada komitmen setiap topup deposit berkisar antara Rp 500.000 s/d Rp 1.000.000 dan pastikan jangan sampai saldo deposit domain lupa diisi ataupun sengaja tidak diisi karena hal tesebut sangat fatal apabila terjadi.

Untuk langkah konfigurasi domain registrar cukup mudah, pastikan sudah melakukan deposit dan mendapatkan akses panel domain karena diperlukan untuk mengambil API/Username/Password untuk koneksi plugin WHMCS dengan registrar.

Saya mendemokan kali ini menggunakan sub reseller dari SRS-X pastikan sudah mendownload plugins dan membaca dokumentasi resminya mengenai cara instalasinya dan download plugin:

Jika sudah melakukan tahap instalasi plugin, maka selanjutnya adalah akses WHMCS dan masukkan Reseller ID, Username, Password di menu Configuration > System Settings > Domain Registrars > Srsx > Configure

Untuk detail registrar domain lebih baik saya sarankan untuk membaca dokumentasi resmi setiap masing-masing registrar yang digunakan.

Last modified: January 22, 2023